Belajar Bertolak ke Bagian “Dalam”?


Berapa banyak dari kita yang sering kali ingin mendapatkan kepastian yang mudah! Menyukai kemenangan yang mudah: pertumbuhan tanpa krisis, penyembuhan tanpa rasa sakit, kebangkitan tanpa salib! Sehingga tidak heran kita kerap kali memperlakukan “sesuatu” bahkan diri sendiri secara berlebihan! Menyembunyikan kesakitan dalam kesenangan!                                                        Padahal banyak hal berharga yang hanya bisa diperoleh melalui pertentangan!
Batasan dan tekanan sosial yang telah ditetapkan sering kali mempreskusi kita, sehingga kita menjadi kerdil! Banyak kali kita ingin terhindar, bahkan tidak ingin mengalami yang namanya penderitaan, kesusahan, bahkan kehilangan, sehingga hal itu melumpuhkan dan mengurung kita dalam penyangkalan! “kesibukan” menjadi tempat pelarian dan persembunyian, yang sebenarnya hal itu akan mengahalangi kita untuk “menghadapinya”.
Kesulitan tidak akan pernah terelakkan, suatu saat nanti kita pasti akan bertemu dengannya, siap atau tidak siap pasti akan tiba waktunya. Kita tidak boleh disandra oleh “pelarian”, ataupun “persembunyian” itu. Jalan keluar satu-satunya adalah dengan cara memasuki dan melaluinya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUHAN Menjamin Penyertaan-Nya: Sebuah Tafsir dari Yesaya 43: 1-7

Sejarah Natal yang Menyejarah

Iman dan Rasionalitas